Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat,- Usai lebaran idul adha, kadang stok daging sapi jadi menumpuk banyak, masakan rumahan seperti : gulai, sayur, opor, atau olahan lainnya, kadang udah gak bisa lagi diterima lidah, saking bosan dan eneknaya kali ya. Daripada mubazir, lebih baik kreasikan ide mu untuk membuat resep bakso sendiri yang lezat dan sehat! Dan gak cuma karena alasan daging mubazir saja ya, kalau mau bakso ya mending bikin sendiri aja deh. Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

Kenapa harus bikin sendiri? gak harus juga sih, tapi disaranin buat bikin sendiri aja, karena rumor soal : bakso boraks, bakso daging tikus, atau bakro berformalin itu udah santer banget di kalangan masyarakat. Bagi kita yang awam soal gimana cara ngebedainnya, pasti was was dong takut kalau bakso yang selama ini kita beli, ternyata dibuat dari olahan yang gak masuk akal. Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

Tapi kendalanya, buat bakso sendiri juga penuh resiko yakni ”gagal” dan ujung-ujungnya malah mubazir juga. Pengalaman pertama bikin bakso memiliki tingkat kegagalan sampe 85%, yang hasilnya bakso malah lembek, teksturnya gak kenyal, dan gak enak dimakan. Untuk menghindari hal ini, simak dulu tutorial cara membuat bakso yang kenyal dan sehat dibawah ini!

Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

Bahan yang digunakan : bakso 500 gram, tepung kanji 100gram, 2 siung bawang putih yang dihaluskan, merica bubuk, es batu, telur, dan garam

  • Kalau masih ragu, buatlah adonan dalam skala kecil, jangan pede dulu bikin banyak-banyak, karena pengalaman pertama, pastinya ada kemungkinan gagal. Huhu
  • Kamu bisa menggunakan cara simpel dengan blander, atau bisa diaduk dengan tangan. Tapi, pastikan seluruh adonan di mix dengan rata sama semuanya menyatu berbaur dan bersaudara.

Menyampurkan adonan menggunakan blander : masukan 500 gram daging sapi yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam blender, setelah halus masukan 2 siung bawang putih, merica bubuk dan telur, lalu blender lagi sampai adonan menyantu, selanjutnya masukan tepung kanji/tapioka dan beberapa balok kecil es batu, dan haluskan lagi sampai adonan menyantu. Kenapa harus manambahkan es batu? untuk mengikat adonan agar tidak lembek atau pecah.

Menyampurkan adonan secara manual : siapkan wadah, masukan daging yang sudah digiling halus/kasar (sesuai selera), masukan bawang putih yang sudah dihaluskan, 1 butir telur, merica bubuk dan tepung kanji, lalu adukan dengan tangan sampai semuanya berbaur, tambahkan es batu yang sudah bubuk ke dalam adonan, lalu aduk lagi sampai semuanya menyatu.

  • Jika sudah tercipta adonannya, sekarang panaskan air di dalam panci, lalu atur api agar tidak terlalu besar, bulatkan adonan sambil dimasukan ke dalam panci, kalau udah semua apinya dibesarkan dan tunggu sampai semua adonan mengembung ke atas (tanda masak)
  • Jika sudah masak, siapkan air es dalam baskom/wadah lalu masukan baksonya dan diamkan sampai dingin. Kalau sudah dingin tinggal ditiriskan, dan siap diolah sesuai seleramu! Selamat mencoba ya. Begini Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Sehat

#Catatan penting : jika kamu mengambil daging yang ada di dalam kulkas yang sudah beku, jangan dihangatkan dulu atau direbus agar daging tidak keras. Karena kandungan air di dalamnya menjadi bertambah 2 kali lipat dan ini tidak bagus untuk adonannya. Sebaiknya, keluarkan daging dan tunggu 30-45 menit sampai kondisinya tidak terlalu dingin (setengah beku) setelah itu hancurkan.

Nah itulah tips cara mengolah bakso yang lezat dan anti boraks! Praktikan dirumah ya, semoga berhasill!!!!!

Tinggalkan Balasan